Jepara – Polres Jepara | Demi mengenang perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, para santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muttaqin ikut memperingati HUT RI ke-79 tahun 2024 dengan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih.

Kegiatan tahunan tersebut dilaksanakan di halaman Ponpes Al – Muttaqin, Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Sabtu (17/8/2024).

Meski sederhana, upacara yang dihadiri seluruh santri dan dewan guru pondok pesantren ini dilaksanakan dengan penuh khidmat. Mulai dari tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga Madrasah Aliyah (MA).

Dalam upacara HUT RI ke-79 di Ponpes Al-Muttaqin, Dr. H. Biltiser Bachtiar Manti, Lc. MA, bertindak sebagai pembina upacara.

Upacara diawali dengan laporan komandan upacara kepada pembina upacara. Dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra santri Ponpes Al-Muttaqin, dengan diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Selanjutnya peserta upacara mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. Pembacaan Teks Pancasila oleh pembina upacara, kemudian pembacaan Undang-undanng Dasar 1945.

Sementara amanat disampaikan oleh pembina upacara mengajak para santri untuk selalu menjunjung nilai-nilai kebangsaan dan agama. Selaras dengan sila pertama Pancasila, ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’.

“Kita sebagai santri harus mengedepankan nilai-nilai agama. Sebab, Indonesia merdeka juga ada peran penting para Kiyai dan para santri,” ucanya.

Menurutnya, ini sebagai bukti cinta kita kepada Tanah Air dan menghormati seluruh jasa perjuangan para pahlawan.

Pembina upacara juga memberikan imbauan kepada para santri dan santriwati Pondok Pesantren Al-Muttaqin untuk selalu menjaga kesopanan kepada siapapun. Serta patuh aturan kebangsaan Indonesia dan peraturan yang berlaku.

Diketahui, seperti tahun-tahun sebelumnya dan juga pasti dilaksanakan di tempat lain, momentum 17 Agustusan juga diisi dengan berbagai perlombaan.(*)

 

Polres Jepara, Kapolres Jepara, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Pemkab Jepara, Kabupaten Jepara, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Jepara, Polisi Jepara, Wahyu Nugroho, Artanto, Ribut Hari Wibowo