Semarang –  Sejumlah wilayah di Kota Semarang mulai mengalami kekeringan. Bahkan BPBD Kota Semarang telah melakukan pengiriman 64 tangki air bersih ke lokasi kekeringan untuk membantu warga setempat.

“Pagi ini, ada kepedulian dari stakeholder, ini CSR dari Purna Bhakti Inspektorat Pemprov Jateng. Ada dua tanki di Rowosari, akan berlanjut dua tangki di wilayah Ngaliyan,” ucap Kepala BPBD Kota Semarang Endro P Martanto, Jumat (23/8/2024).

Ia membeberkan ada beberapa wilayah yang mengalami kekeringan di Kota Semarang antara lain Rowosari (Kecamatan Tembalang), dan Wonosari (Ngaliyan). Kemudian, Jabungan (Kecamatan Banyumanik), dan Cepoko (Gunungpati).

Endro pun mengaku membuka diri bagi stakeholder yang ingin menyalurkan bantuan air bersih bagi warga yang mengalami kekeringan di Kota Semarang. Pasalnya, penanganan kekeringan tidak cukup hanya mengandalkan APBD.

Ia juga menyebutkan, pagu air bersih diterima BPBD Kota Semarang tahun anggaran 2024 sebesar Rp 20 juta. Dana itu hanya cukup untuk 100 tangki atau sekira enam juta liter air bersih, dan sekarang sudah terserap 64 tangki.

“Monggo yang mau CSR, kami atas nama penkot siap kapanpun memfasilitasi, dan mendampingi, terutama daerah sampai saat ini tingkat kekeringan terjadi,” katanya. Berdasarkan laporan dari lurah, memang ada enam titik yang kekurangan air bersih.

Namun, tercatat ada empat wilayah yang selalu terjadi kekeringan dari tahun ke tahun, seperti di antaranya di Rowosari, Tembalang.
Kekeringan di Rowosari disebabkan sumber air kesulitan untuk masuk baik sumur artetis maupun PDAM belum masuk wilayah tersebut.

Warga Rowosari, Busro mengatakan, mendapat bantuan air bersih setiap tiga atau empat hari. Bantuan itu untuk kebutuhan mandi, mencuci, dan bersih-bersih lainnya, sedangkan konsumsi minumnya membeli air galon. “Kalau tidak ada distribusi, kami ngangsu, kesulitan semua. Kekeringan disini sudah lama,” katanya.

sumber: rri.co

 

Polrestabes Semarang, Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Kota Semarang, Pemkot Semarang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Besar Semarang, Polisi Kota Besar Semarang, Artanto, Ribut Hari Wibowo