BOYOLALI – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, menghadiri acara Tumang Fair di Cepogo, Boyolali, Minggu (21/7/2024) pagi. Dalam acara itu Kapolda juga sempat mengundi doorprize yang disediakan untuk para peserta.

Kedatangan Luthfi bersamaan dengan gerak jalan yang menjadi bagian dari Tumang Fair. Sebelum tiba di Tumang Fair, Luthfi sempat berkunjung ke salah satu rumah produksi kerajinan tembaga Tumang di Galley Muda Tama.

Turut hadir pula kader Partai Golkar, Endang Srikarti Handayani, dalam kegiatan tersebut. Dalam sambutannya pada acara tersebut, Kapolda menyampaikan jalan sehat adalah simbol masyarakat yang bergerak.

“Orang berjalan simbol orang bergerak, ekonomi kita itu bergerak datangnya dari desa, desa adalah tempat ekonomi bergerak. Hari ini, saya selaku Kapolda Jateng memastikan di daerah kita [Tumang, Cepogo] masyarakatnya bergerak,” ucapnya.

Lebih lanjut, Luthfi mengatakan dengan gerak jalan badan jadi sehat, semangat, dan lebih dari itu, bisa menjadi ajang silaturahmi dan bertukar informasi. Ia pun berterima kasih kepada masyarakat Cepogo yang sudah bersatu dan bergotong royong dalam acara itu.

“Terakhir, terkait agenda pilkada adalah untuk menciptakan persatuan dan kesatuan, siapa pun pimpinan kita di wilayah kita adalah putra terbaik, tidak boleh bersinggungan, kita harus bergandengan tangan, di atasnya ada persatuan dan kesatuan,” jelasnya.

Seperti diketahui, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menjadi salah satu tokoh yang ramai digadang-gadang bakal maju sebagai calon gubernur di Pilgup Jateng 2o24. Dukungan dari berbagai pihak mengalir kepadanya. Salah satunya dari Partai Golkar.

Partai Golkar Menunggu
Partai Golkar menunggu Luthfi untuk pensiun sebelum resmi mengusungnya di Pilgub Jateng 2024. Menanggapi hal tersebut, Luthfi belum memberikan jawaban pasti.

“Nanti lihat situasi mawon nggih,” ujar dia kepada wartawan seusai memberikan sambutan dan hendak pergi meninggalkan lokasi Tumang Fair, Cepogo, Boyolali.

Disi lain, kader Partai Golkar, Endang Srikarti Handayani, juga hanya menjawab singkat ketika ditanya terkait pengusungan Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur (cagub) Jateng oleh partainya. “[Pencalonan gubernur Jateng] Sesuai dengan mekanisme,” kata dia.

Sebelumnya, dilansir Antara, Partai Golkar bulat mendukung Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi maju di Pilgub Jateng 2024. Namun, pengusungan itu menunggu Luthfi pensiun.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengatakan Golkar dalam posisi menunggu langkah Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi untuk pensiun dari Polri sebelum serius mengusungnya di Pilgub Jateng 2024.

“Jadi kami tunggu beliau pensiun. Ada waktu, katakan 7-10 hari, itu juga survei akan jalan,” kata Lodewijk di kantor DPP Golkar di Slipi, Jakarta Barat, Kamis (18/7/2024).

Menurut Lodewijk, Partai Golkar sangat menghormati profesionalitas Ahmad Luthfi dalam menjalankan tugasnya sebagai Kapolda. Karenanya, DPP Partai Golkar belum mau memberikan instruksi bersifat politis kepada Ahmad Luthfi.

Sambil menunggu keputusan Ahmad Luthfi untuk pensiun, Partai Golkar juga membuka peluang mencari calon lain yang dinilai layak diusung dalam Pilgub Jawa Tengah. (*)

sumber : solopos.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia