Berita

Transformasi Pendidikan di Kabupaten Humbahas Melalui Pelatihan Guru Berkarakter Baik

Humbahas  – Norita Sinaga menggandeng Dinas Pendidikan Kabupaten Humbang Hasundutan (Kab. Humbahas) dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut, dengan mengadakan Pelatihan Guru Berkarakter Baik yang berlangsung di SD Negeri 004 Pasaribu, Doloksanggul, Senin (21/10/2024). Kegiatan ini diikuti oleh para guru Sekolah Dasar (SD) Kelas IV se-Kecamatan Doloksanggul.

Pelatihan ini bertujuan untuk membentuk guru-guru yang tidak hanya memiliki kompetensi akademis, tetapi juga berkarakter baik, yang diharapkan akan berdampak langsung pada pembangunan karakter anak-anak didik mereka. Pengawas Sekolah , Limaudur Nainggolan, yang mewakili Dinas Pendidikan Kab. Humbahas, menyampaikan penghargaannya kepada Norita Sinaga atas inisiatifnya menyelenggarakan kegiatan yang sangat relevan dengan tantangan pendidikan saat ini.

“Saat ini pembangunan karakter yang baik sangat dibutuhkan, terutama dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat. Anak-anak sekarang sudah lebih pintar mencari pengetahuan akademis melalui media sosial. Oleh karena itu, pembangunan karakter menjadi tanggung jawab besar para guru,” ujar Limaudur. Ia menekankan pentingnya peran guru dalam mendidik generasi muda agar memiliki akhlak dan karakter yang kuat di tengah arus teknologi yang pesat.

Dalam pelatihan ini, guru-guru dilatih untuk mengembangkan sikap dan karakter baik, yang diharapkan dapat menjadi panutan bagi siswa-siswa mereka. Norita Sinaga, selaku instruktur sekaligus pelaksana kegiatan, melaporkan bahwa pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 21 hingga 23 Oktober 2024. “Dengan pelatihan ini, diharapkan semakin banyak guru yang berkarakter baik di Kabupaten Humbang Hasundutan, yang pada akhirnya akan menghasilkan anak -anak yang berkarakter baik pula,” jelas Norita.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Ruddin Carli dari Kementerian Agama (Depag) Humbahas juga menyampaikan bahwa seorang guru memiliki tanggung jawab moral yang besar, bukan hanya kepada negara, tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Seorang guru tidak hanya bertanggung jawab dalam mengajar, tetapi juga dalam membentuk karakter anak didik yang baik dan bertanggung jawab,” tambahnya.

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Kepolisian Resor Humbahas, Polisi Humbahas, Kepolisian Resor Humbang Hasandutan

Related Posts

1 of 458