SEMARANG – Damkar Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) akan menyiagakan satu regu dan unit pemadam kebakaran untuk mengantisipasi kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang selama musim kemarau. Sekretaris Damkar Kota Semarang, Ade Bhakti mengatakan, satu regu dan unit pemadam kebakaran beserta perlengkapan pemadam kebakaran lain akan disiagakan setiap hari. B

“Sejak Juni 2024, satu regu sudah bersiaga di TPA Jatibarang,” jelas Ade Bhakti kepada kompas.com, Selasa (20/8/2024). Kepala Seksi (Kasi) Operasional Pemadaman Damkar Kota Semarang, Agus Sulis menambahkan, di sekitar TPA Jatibarang terdapat bendungan sungai yang memang difungsikan untuk antisipasi jika terjadi kebakaran di TPA Jatibarang.

“Bendungan bisa dimanfaatkan jika terjadi kebakaran di TPA Jatibarang,” kata

Sementara itu, Kepala TPA Jatibarang, Wahyu Heryawan membeberkan jika pihak TPA Jatibarang juga sudah bersiaga dengan menyediakan alat-alat pemadam kebakaran. “Imbauannya semua orang yang ada di TPA Jatibarang untuk tidak merokok,” ucap dia.

Dia juga menyiapkan regu khusus yang digunakan untuk sweeping oknum yang nekat merokok di dalam TPA Jatibarang Semarang. “Ada beberapa petugas kami yang sweeping terhadap orang-orang yang merokok,” tandasnya.

Sebelumnya, pada Rabu (20/9/2023) TPA Jatibarang mengalami kebakaran hebat. Api yang berasal dari tumpukan sampah membuat petugas pemadam kebakaran melakukan penyiraman berhari-hari. Waktu itu, Pemerintah Kota Semarang juga menetapkan kebakaran tersebut berstatus tanggap darurat.

sumber: Kompas.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo