Banyuwangi – Tour de Banyuwangi Ijen telah berakhir. 20 Tim dengan 99 pembalap dari dalam dan luar negeri telah berhasil menaklukkan Etape 1 hingga 4 dengan total jarak tempuh 632 Km.
Sejumlah pembalap membawa pulang Jersey Jersey kebanggaan. Kesuksesan gelaran sport internasional satu-satunya di Indonesia itu didukung dengan kekuatan ribuan petugas keamanan gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP dan Linmas.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Nanang Haryono menjelaskan, kekuatan pengamanan yang diterjunkan dalam agenda balap sepeda Union Cycliste Internationale (UCI) tersebut mencapai 1.677, gabungan antara Polri, TNI, Dishub, Satpol PP dan Linmas.

“Alhamdulillah jika sukses. Kami melaksanakan tupoksi dalam pengamanan, tentunya berkat kolaborasi baik dari seluruh pihak baik Polri, TNI dan Pemerintah Daerah sendiri,” tegas Nanang, Jumat (26/7/2024).

Nanang menyampaikan, untuk personel kepolisian Polresta Banyuwangi menerjunkan 600 personel, TNI sekitar 200 personel, dan sekitar 1.000 lebih dari Satpol PP dan Linmas.

“Kepolisian sekitar 600, TNI 200 dan sisanya 1.000 lebih dari Pol PP dan Linmas,” tambahnya.

Ia menyampaikan, kolaborasi yang baik dengan seluruh pihak menjadi kunci keberhasilan pengamanan tersebut. Pembagian pos jaga antara lantas dan perhubungan adalah unit terstrategis dalam gelaran tersebut.

“Jadi baik kepolisian di lantas dan perhubungan berbagi peran dengan baik. Lintas sektor yang berkolaborasi apik menjadi kunci suksesnya,” pungkasnya.

Tour de Banyuwangi Ijen berakhir pada Kamis (25/7/2024) dengan Etape terakhir berujung di Paltuding, dengan latar pemandangan lereng Ijen sebagai salah satu tujuan wisata favorit Indonesia.

Sumber : www.detik.com

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono