SEMARANG – Kerap terjadi kecelakaan laut, peran Tim SAR ataupun relawan sangat dibutuhkan untuk bersinergi dengan Polres Kebumen ataupun TNI dalam melakukan pencarian korban.

Tak sedikit korban akhirnya ditemukan, namun ada beberapa hingga kini dinyatakan hilang saat terjadi kecelakaan laut.

Memahami pentingnya peran Tim SAR dan relawan, Ditpolairud Polda Jateng mengkuhkan Tim SAR dan Relawan SAR Arnavat dalam menjalankan misi kemanusiaan.

Hadir secara langsung saat pengukuhan, Dirpolairud Polda Jateng KBP Hariadi beserta PJU Ditpolairud Polda Jateng, PJU Polres Kebumen, Kapolsek Jajaran, dan TNI AL serta Muspika Ayah di Lapangan Graha Logending, Rabu 3 Juli 2024.

“Pengukuhan ini bentuk kesiapan siagaan dalam menghadapi bencana dan pertolongan Laka laut dan air di wilayah perairan Jawa Tengah, khususnya Polres Kebumen,” terang KBP Hariadi saat memimpin apel pengukuhan.

Kegiatan pengukuhan ditandai dengan penyiraman air bunga lalu diawali dengan penyerahkan dokumen ikrar, AD/ART, KTA dan life jacket secara simbolis kepada Tim SAR dan Relawan SAR Arnavat oleh Dirpolairud.

Selanjutnya Tim SAR dan Relawan SAR Arnabat juga harus dibekali dengan pelatihan agar lebih maksimal lagi dalam bertugas.

Lalu, KBP Hariadi selaku pimpinan apel pada saat itu berkesempatan melakukan pengecekan kesiapan peralatan SAR di antaranya Perahu karet beserta kelengkapanya, life jacket dan life buoy.

Kapolres Kebumen AKBP Recky mengungkapkan, dengan dikukuhkannya Tim SAR dan Relawan SAR Aranavt, diharapkan masyarakat dan nelayan tetap menjaga keselamatan.

Bahkan jauh hari sebelum dilakukan pengukuhan, Polres Kebumen telah melakukan pengecekan kesehatan kepada nelayan secara berkala untuk memastikan kondisi kesehatan para nelayan sebelum ke laut.

“Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh nelayan yang sakit atau tidak dalam kondisi yang prima. Juga kami berharap dengan adanya pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Polres Kebumen, setiap nelayan dapat melaut dengan rasa aman dan tenang, serta dapat kembali ke darat dengan hasil tangkapan ikan,” jelas AKBP Recky.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono