BANYUWANGI – Puluhan personil Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Banyuwangi Polda Jatim digembleng pelatihan. Dengan menggelar Fungsi Teknis pada, Rabu (11/09/2024) agar meningkatkan kemampuan dalam menjaga wilayah perairan.

Pelatihan dalam rangka peningkatan kemampuan ini, dipimpin langsung oleh Kasat Polairud AKP I Nyoman Ardita,S.H., M.H dan diikuti oleh kanit Samapta jajaran Polresta Banyuwangi.

Dilaksanakan di Markas Polairud Banyuwangi, dikuti oleh puluhan personil dengan diberikan pembekalan materi sebelum di aplikasi di perairan.

Kapolesta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono, S.H., S.I.K., M.Si yang diwakili oleh Kasat Polairud AKP Nyoman Ardita mengatakan, Pelatihan Fungsi Teknis ini bertujuan untuk memberikan petunjuk dan teknis fungsi kepolisian khususnya fungsi Polairud kepada personil Polresta Banyuwangi dalam memberikan pelayanan, perlindungan serta pengayoman kepada masyarakat.

Lebih lanjut, AKP I Nyoman Ardita menerangkan, diharapkan menghasilkan output dalam memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis pertolongan korban tenggelam, laka air dan antisipasi bencana alam.

“Sehingga dapat membantu tugas Kepolisian dalam melaksanakan operasi SAR secara aman, cepat, tepat, terpadu dan terkoordinasi,” jelas AKP Nyoman Ardita Rabu, (11/09/2024).

Wakasat Polairud Iptu Sadimun turut menjelaskan, setelah memberikan pembekalan secara teknis dilanjutkan dengan kegiatan aplikasi di lapangan. Ia juga menekankan pentingnya kerjasama dan koordinasi yang solid antara semua pihak untuk memastikan keberhasilan kegiatan di lapangan.

“Dengan aplikasi lapang tersebut personil akan lebih memahami materi dan berguna untuk menguji kemampuan, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan tindakan akan siap sedia,” jelas Iptu Sadimun.

Salah satu peserta pelatihan dari Polsek Kabat, Aiptu Totok mengatakan kepada media, bahwa merasa bersyukur setelah mengikuti pelatihan ini dan mendapatkan ilmu tambahan sehingga dapat mendukung kinerjanya.

“Semoga pelatihan fungsi teknik yang bermanfaat ini dapat digunakan dan diterapkan untuk ditingkatkan kemampuan di wilayahnya,” ujarnya.

Melalui kegiatan Fungsi Teknis Polairud, Polresta Banyuwangi memastikan seluruh personel dapat bekerja sesuai kemampuan dan dapat memberikan pelayanan secara efektif.

Sumber : TIMESINDONESIA

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono