Banyumas –  Kodim 0701/Banyumas melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2024 di Desa Suro, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas. Pembukaan kegiatan TMMD dilakukan pada Rabu (24/7/2024).

Dandim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama mengatakan TMMD kali ini memiliki sasaran pokok berupa pembangunan jalan rabat beton panjang 1.525 meter X lebar 3 meter X tinggi 0,15 meter dengan sasaran tambahan pembangunan talud di tiga titik, pemugaran RTLH tiga unit, masing-masing satu unit dari Baznas Kabupaten Banyumas dan dua unit dari BPR BKK Purwokerto.

“Selain itu ada sasaran non-fisik berupa penyuluhan dari Dinas instansi terkait sesuai jadwal yang dibuat oleh Dinkominfo selaku koordinator sasaran Non Fisik,” kata Dandim.

Dandim menambahkan bahwa kegiatan TMMD selain melakukan pembangunan fisik dan non-fisik, juga memiliki tujuan mewujudkan kemanunggalan, kebersamaan, serta rasa kekeluargaan antara TNI dan seluruh komponen masyarakat, dalam membangun desa menuju kemandirian desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Agus Nur Hadie mengatakan bahwa TMMD meneguhkan kembali semangat gotong royong. Menurutnya TMMD telah menyajikan karya nyata yang memberikan kemaslahatan bagi masyarakat desa. Berbagai pembangunan sarana prasarana yang menunjang aktivitas sehari-hari, satu per satu sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Melalui program ini pula kita bersama-sama mengatasi persoalan-persoalan yang ada di Kabupaten Banyumas pada umumnya dan Kecamatan Kalibagor khususnya, seperti pengentasan kemiskinan ekstrim, perbaikan infrastruktur-infrastuktur yang rusak, dan hal lain yang perlu kita benahi,” ucapnya.

Agus menambahkan bahwa, semua pihak pada prinsipnya ingin masyarakat Kabupaten Banyumas sehat dan sejahtera dan menjadi yang maju dan mandiri dengan tetap mempertahankan kearifan lokal yang dimiliki.

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo