BANYUWANGI – Kapolresta Banyuwangi Kombespol Nanang Haryono menyebut di Banyuwangi terdapat potensi kerawanan yang cukup mengkhawatirkan. Yakni potensi kerawanan terkait penyelenggara pemilu. Indeks kerawanannya kategori kode merah.

Ihwal ini disampaikan Nanang usai menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Jl. Sritanjung Banyuwangi, Senin, 19 Agustus 2024. Informasi tersebut menurut Nanang diperoleh dalam rapat koordinasi dengan Mabes Polri beberapa hari lalu.

“Kami dengan Kabag Ops, dengan Kasat Intel, Kasat Reskrim, melaksanakan kegiatan di hotel Mercure Surabaya, bahwa Kabupaten Banyuwangi masuk dalam kode merah, rawan merah,” jelasnya.

Dijelaskannya, rawan kategori merah ini disampaikan dalam paparan dari Mabes Polri. Dia menegaskan kerawanan yang dimaksud adalah kerawanan pada penyelengara dari kegiatan pilkada itu sendiri.

Ketua Bawaslu Banyuwangi Adrianus Yansen Pale (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)
Empat Kerawanan Pada Pilkada 2024 di Banyuwangi, Cek Ini

Nanang menegaskan, informasi ini sudah disampaikan pada Bupati Banyuwangi, dan juga jajaran Forkopimda Banyuwangi.

Tidak dijelaskan secara detil kerawanan yang dimaksud. Namun, Nanang menegaskan pihaknya sudah melakukan pemetaan kerawanan yang berpotensi terjadi pada Pilkada nanti.

“Insya Allah sudah memetakan kerawanan, kemarin sudah disampaikan Kasat Reskrim dalam kegiatan bersama Bawaslu,” tegasnya.

Mengenai jenis kerawanan yang berpotensi dilakukan penyelenggara pemilu, Nanang menyebut tidak perlu disampaikan dalam kesempatan itu. Tapi, dirinya kembali menegaskan kerawanan itu sudah dipetakan dan sudah siap langkah antisipasinya.

“Tidak bisa disampaikan di sini (jenis kerawanannya), tapi yang jelas sudah kita petakan dan sudah akan kita antisipasi untuk itu,” pungkasnya.

Sumber : www.ngopibareng.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono