MAGELANG – Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K. menghadiri Rakor Kerjasama Tahun 2024 yang diselenggarakan Polda Jawa Tengah di Hallroom Borobudur International Golf & Country Club, Kota Magelang pada Selasa (11/06/2024). Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah Rektor Universitas di Jawa Tengah, serta sejumlah pimpinan dari berbagai BUMN dan Perusahaan.

Dalam sambutannya, Kapolda Jateng mengatakan Provinsi Jawa Tengah memiliki potensi besar yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Untuk mewujudkan harapan ini diperlukan kolaborasi antara Polri dengan pengusaha selaku investor. Di mana dunia usaha harus memberikan kontribusi dalam membangun kemajuan Jawa Tengah.

“Saya sebagai Kapolda mengucapkan terima kasih atas terjalinnya kerjasama yang baik selama ini. Kerjasama ini tidak hanya berbentuk MoU yang telah kita berikan. Yang penting bagaimana menciptakan dunia usaha di wilayah kita dengan berbagai kompetensi yang ada, kita mampu memberikan kontribusi untuk kemajuan membangun Jawa tengah,” ujar Kapolda di awal sambutannya.

Irjen Ahmad Luthfi melanjutkan, melalui kerjasama dan kolaborasi yang terjalin akan menghasilkan kontribusi terbaik. Sehingga mampu memberikan kemajuan bagi Jawa Tengah dan bangsa Indonesia.

“Polri di Jawa Tengah berjumlah hampir 34 ribu sementara penduduknya hampir 37 juta, punya rasio polisi yang jauh dari ideal yaitu 1:1.800. Agar terciptanya Harkamtibmas, tidak hanya melalui Polisi sendiri namun juga memerlukan kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai pihak,” jelas Irjen Pol Ahmad Luthfi.

“Jaminan keamanan yang diberikan tidak hanya oleh Polri semata, namun butuh adanya sinergitas kolaborasi dari stakeholder yang ada sehingga rasa aman itu bisa kita ciptakan,” tuturnya.

Irjen Pol Ahmad Luthfi menyebut bahwa Jawa Tengah adalah pakunya Nusantara, di Jawa Tengah banyak Proyek Strategis Nasional yang dilaksanakan. Berbagai proyek vital dan obyek vital tersebut diharapkan dapat mendorong meningkatkan kualitas SDM dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jawa Tengah mempunyai potensi yang luar biasa, hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkan harapan tersebut. Melalui kerjasama dan kolaborasi yang terjalin baik sekarang maupun di masa datang,” ujarnya.

Terkait kesiapan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang, pihaknya menegaskan komitmen untuk memberikan jaminan keamanan.

“Ke depan kita upayakan untuk lebih saling bekerjasama dan saling berkoordinasi untuk mencapai Kamtibmas yang kondusif,” pungkas Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono