REMBANG – Polsek Sumber Polres Rembang yang dipimpin oleh Kapolsek Sumber AKP Bambang Ismoyo beserta anggota koramil Sumber melaksanakan pengamanan kegiatan Gebyar Meriah Karnaval Kirab Budaya dalam rangka sedekah bumi Desa Sumber disertai gema sound horeg, Sabtu (06/07/2024) pagi.

Polsek Sumber menerjunkan 10 personel dan 5 Personel Koramil melakukan pengamanan, pengawalan dan pengaturan lalu lintas yang di pimpin oleh Kapolsek Sumber AKP Bambang Ismoyo.

Kapolres Rembang AKBP Suryadi, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Sumber AKP Bambang Ismoyo, mengatakan rute Kirab mulai Start Toko bangunan rizqi barokah – Puskesmas Sumber – Bri sumber – Polsek sumber – Finish Indomaret pertigaan dukuh Bulak sempu.

“Jumlah peserta Kirab Budaya atau karnaval dalam rangka tasyakuran sedekah bumi : Drumband SMP N 1 Sumber, Perangkat desa Sumber, 16 Sound Horg, Tim tema Kreasi Adat Jawa, kedinasan, Kebun Binatang, Masyarakat sekitar ± 1.000 orang,” Ujar Kapolsek.

Maksud dan tujuan panitia sedekah bumi desa Sumber mengadakan kegiatan tersebut adalah:
1. Dalam rangka sedekah bumi Pemerintah Desa Sumber beserta BPD (Badan Permusyawaratan Desa) serta masyarakat menggelar acara yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dalam rangkaian Sedekah Desa Sumber kecamatan Sumber menggelar Karnaval dan Kirab Budaya Sedekah Desa.
2. Dengan kemeriahan yang sangat luar biasa, bisa dikatakan di luar prediksi antusias warga dalam mengikuti kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan masyarakat yang terkelompok dalam kontingen RT 1 s/d RT 9.
3. Kegiatan yang dimulai dari titik start Toko Bangunan desa Sumber dan finish di depan alfamart dk. Bulak sempu diikuti oleh ratusan peserta pawai budaya, mulai dari pegawai Pemdes, masyarakat dan pelajar MI, SD, MTS di sertai Sound Horg turut serta ambil bagian dalam acara tersebut, dengan menampilkan berbagai atraksi.
4. Kegiatan ini berlangsung dengan sangat meriah dan penuh kegembiraan, dengan balutan pakaian adat yang beraneka ragam menghibur ribuan masyarakat hingga tampak antusias menyaksikan iringan-iringan para peserta pawai tersebut dengan gembira.

Selama pelaksanaan kegiatan Kirab Budaya berlangsung lancar, tertib serta situasi dalam keadaan aman terkendali selesai pukul 14.00 wib.

 

Polres Rembang, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi, Suryadi, Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang, PolisiNgajiPolisiNyantri, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Nanang Haryono, Kepolisian Resor Rembang, Polisi Rembang