Banyuwangi – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banyuwangi memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI dengan cara tersendiri. Tepat pada detik-detik proklamasi sejumlah polisi lalu lintas mengibarkan bendera merah putih ditengah jalan, Sabtu, 17 Agustus 2024. Pada saat yang sama seluruh pengendara dihentikan untuk melakukan penghormatan kepada bendera merah putih.

Kegiatan ini dilaksanakan di sejumlah persimpangan jalan yang ada di kota Banyuwangi. Di antaranya, simpang lima, patung kuda, dan cungking.

Kasat Lantas Polresta Banyuwangi, Kompol Amar Hadi Susilo mengatakan, pengibaran bendera di kawasan keramaian itu dilaksanakan tepat pada detik-detik proklamasi. Ini dilakukan sebagai wujud rasa nasionalisme.

“Saat detik proklamasi kita difungsi lalu lintas, kita kibarkan bendera di perempatan pusat Kota Banyuwangi, yakni simpang lima, patung kuda dan cungking,” jelasnya.

Pada saat pengibaran bendera, petugas polisi lalu lintas juga menghentikan semua kendaraan yang melintas untuk melakukan penghormatan pada bendera merah putih.

Detik-detik proklamasi ini ditandai dengan suara sirine dari mobil patwal Satlantas Polresta Banyuwangi yang diparkir di tengah simpang jalan.

Seketika petugas dan pengendara jalan memberikan penghormatan kepada bendera merah putih yang dikibarkan petugas di poros jalan. Sejumlah pengendara motor tampak turun dari motornya untuk memberikan penghormatan.

Dia menegaskan, dengan kegiatan ini walaupun masyarakat berada di jalan, sedang beraktivitas di jalan, saat detik proklamasi berhenti sejenak untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, rasa patriot kepada bangsa.

Ratusan anak-anak melepasliarkan penyu di pantai Pulau Santen Banyuwangi (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)
Edukasi Konservasi Penyu, Ratusan Anak di Banyuwangi Lepasliarkan Tukik

“Biar masyarakat walaupun sedang di jalan, sedang beraktivitas gak sempat upacara kita hentikan sejenak untuk hormat kepada sang merah putih. Biar tahu hari ini 17 Agustus, hari ini hari bersejarah, yaitu Kemerdekaan RI,” tegasnya.

Amar menegaskan, sebagai generasi penerus bangsa untuk mengisi kemerdekaan dengan hal yang baik dan bermanfaat. Walaupun tidak ikut perang untuk merebut kemerdekaan setidaknya mengisi kemerdekaan dengan hal yang lebih baik. “Bagaimana mewujudkan Indonesia lebih maju lagi dari pada sebelumnya,” ujarnya.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono