Banyuwangi  – Dalam rangka untuk meminimalisir terjadinya gangguan dan terjadinya gesekan antar warga, Satpolairud Polresta Banyuwangi bersama instansi terkait melaksanakan pengamanan perayaan 1 Muharram yang dilaksanakan oleh warga sekitar pesisir Pantai Kedunen, Bomo, Banyuwangi. Minggu (14/7/2024).

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi AKP. I Nyoman Ardita, S.H., M.H., melalui Kanit Pos Blimbingsari Bripka Romi Eka Pranata mengatakan “Kegiatan pengamanan berada di sekitar area jalan perayaan 1 Muharram dari jalan desa menuju pesisir pantai Bomo,” ucapnya.

“Pada kegiatan tersebut, masyarakat pesisir pantai Kedunen Bomo yang dipimpin oleh ketua adat setempat melakukan upacara ucapan syukur dengan makan bersama dan dilanjutkan dengan Larung Sesaji ke pantai Bomo,” tambahnya.

Baca Juga : Kanit Pos Polisi Unit Blimbingsari Giat Sosialisasi Bersama Nelayan
Kegiatan makan bersama dan larung sesaji sebagai rasa ucapan syukur atas datangnya Tahun Baru Islam dan hasil tangkapan ikan dari warga pesisir pantai selama satu tahun penuh.

Pada kesempatan tersebut, Bripka Romi menyampaikan himbauan kepada warga masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan untuk selalu mengutamakan keselamatan pada saat mencari ikan di karenakan situasi cuaca yang cukup extrem.

Selain himbauan keselamatan melaut, personel Polairud dan instansi terkait mengajak warga masyarakat dan warga yang hadir dalam larung sesaji akan pentingnya menjaga harkamtibmas di lingkungan masing-masing.

Segera laporkan kepada pihak keamanan terdekat seperti Ketua RT, RW, Dusun, Bhabinkamtibmas dan Babinsa apabila melihat ataupun mengetahui hal-hal yang mencurigakan agar segera ditangani.

Pada saat kegiatan pengamanan dan larung sesaji berlangsung situasi cuaca terpantau cerah, air pasang dan kegiatan perayaan 1 Muharram 1446 H Tahun 2024 berjalan aman, lancar dan kondusif.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono