Banyuwangi – Puluhan personel Satpolairud Polda Jatim sigap adu ketangkasan dan strategi di darat hingga Perairan Banyuwangi. Ini untuk menjaga perairan yang membentang di sepanjang Selat Bali bagian Banyuwangi.
Dipimpin Kasat Polairud AKP I Nyoman Ardita, kegiatan yang digelar di Markas Polairud diikuti puluhan personel yang diberikan pembekalan materi sebelum aplikasi di lapangan.

Dia menegaskan pelatihan fungsi teknis ini bertujuan memberikan petunjuk dan fungsi polairud dalam memberikan pelayanan, perlindungan serta pengayoman kepada masyarakat.

“Tujuan diselenggarakan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis pertolongan korban tenggelam, laka air dan antisipasi bencana alam, sehingga dapat membantu tugas Kepolisian dalam melaksanakan operasi SAR secara aman, cepat, tepat, terpadu dan terkoordinasi,” terangnya.

“Pelatihan dan pembinaan ini juga bertujuan meningkatkan pengetahuan para anggota Polresta Banyuwangi terutama tentang fungsi teknis kepolisian. Salah satunya fungsi polairud sehingga bisa diaplikasikan jika ada permasalahan di lapangan,” ungkapnya.

Wakasat Polairud Iptu Sadimun mengaku setelah memberikan pembekalan secara teknis dilanjutkan dengan kegiatan aplikasi di lapangan.

“Dengan aplikasi lapang tersebut personil akan lebih memahami materi dan berguna untuk menguji kemampuan, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan tindakan akan siap sedia,” jelas Iptu Sadimun.

Ia juga menekankan pentingnya kerjasama dan koordinasi yang solid antara semua pihak untuk memastikan keberhasilan kegiatan di lapangan.

“Ini bertujuan untuk mempersiapkan Personel dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi,” pungkasnya.

Salah satu peserta pelatihan dari Polsek Kabat Aiptu Totok mengatakan kepada media bahwa merasa bersyukur setelah mengikuti pelatihan ini dan mendapatkan ilmu tambahan sehingga dapat mendukung kinerjanya .

Harapannya, pelatihanini bisa digunakan dan diterapkan untuk meningkatkan kemampuan di wilayahnya.

Sumber : www.detik.com

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono