semarang – Pelaku pencurian barang di dalam jok motor yang viral di Semarang berhasil dibekuk. Pelaku yang bernama Agung Setiyobudi (42), mengaku memang sering mengincar motor matik yang terparkir di Masjid.

Diketahui, pelaku berhasil diamankan warga saat hendak beraksi di Masjid Baitul Muttaqin Jalan Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, pada Kamis (23/5).

Wakasat Reskrim Polrestabes Semarang, Kompol Aris Munandar, mengatakan sebelum diamankan warga, ada laporan di aplikasi Libas terkait pencurian yang dilakukan pelaku di Masjid An-Nur, Palebon Raya, Pedurungan Kota Semarang, pada 12 April 2024.

“Saat di Masjid di Jalan Soekarno Hatta, warga curiga dengan gerak gerik pelaku. Kemudian diamankan dan diserahkan ke Polsek Pedurungan,” kata Aris di Mapolrestabes Semarang, Rabu (29/5/2024).

“Modus mengambil barang berupa handphone yang disimpan di jok motor pada saat korban sedang laksanakan ibadah di Masjid,” lanjutnya.

Aris menjelaskan modus yang dilakukan yaitu pelaku datang ke masjid untuk mengamati jemaah yang datang. Saat korban lengah, ia kemudian membuka paksa bagasi bawah jok motor untuk mengambil barang di dalamnya.

“Cara pelaku yakni menggunakan tangan kiri untuk mengangkat jok sepeda motor sedangkan tangan kanan pelaku masuk ke dalam bagasi jok sepeda motor tersebut untuk mencari barang yang bisa diambilnya,” ujarnya.

Sementara itu, Agung mengakui semua perbuatannya termasuk yang ada di wilayah Genuk. Agung memang mengincar motor matik yang terparkir di masjid. Dia mengatakan hanya membutuhkan waktu sekitar 6 menit untuk melancarkan aksinya itu.

“Sasarannya memang (motor parkir di) masjid. Incar motor matik semua. Butuh waktu 6 menit. Yang di Genuk dapat dompet,” ujarnya.

Atas perbuatannya, pelaku kini dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, Agung viral dalam rekaman CCTV di Masjid Banjardowo Baru, Karangrowo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang pada Rabu (15/5). Ternyata dia melakukan aksinya juga di daerah lain.

Dalam rekaman CCTV, terlihat pelaku sedang mencongkel jok motor. Video itu juga diunggah di akun Instagram @infokriminalsemarang. Terdapat keterangan lokasi di Masjid Banjardowo Baru, Karangrowo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

sumber: detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono