HUMBAHAS – Bupati Humbang Hasundutan menghadiri Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Toba 2024 dan Deklarasi Pilkada Damai di Mapolres Humbang Hasundutan, Senin 19 Agustus 2024.

Pada apel ini Wakapolres Humbang Hasundutan Kompol Muslim Amin, S.E tampil sebagai Inspektur Upacara dan Aipda S. Manalu sebagai Komandan Upacara.

Hadir pada kegiatan ini, Forkopimda mewakili DPRD Humbang Hasundutan, Guntur Simamora, Dandim 0210/TU yang diwakili Pabung Humbahas Mayor Ojak Simarmata, Kajari yang diwakili Kasubbagbin Togi P. O. Hasibuan, SH, MH, Ketua KPU Humbang Hasundutan diwakili Kasubbag Hukum & Pengawasan Berkat H.Siregar, Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Ketua Bawaslu Kabupaten Humbang Hasundutan, Henri W. Pasaribu, Partai Politik, Tokoh Masyarat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan lainnya.

Dalam sambutan tertulis Kapolres Humbang Hasundutan yang dibacakan Wakapolres Humbang Hasundutan Kompol Muslim Amin, S.E pada Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Toba 2024 menyampaikan bahwa Pilkada Tahun 2024 adalah pesta demokrasi yang akan menjadi bukti kematangan Demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi Titik Penentu Masa Depan Bangsa.

Melihat pentingnya hal tersebut maka seluruh komponen tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pilkada Tahun 2024. Terlebih lagi Pilkada Tahun 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentan waktu yang sama, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Kapolres juga menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan pada Pilkada Serentak 2024 antara lain: Pertama, tingkatkan keamanan dan ketaqwaan Kepada TYME, kedua siapkan perlengkapan pribadi, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya dan ketiga, laksanakan pengamanan dengan penuh tanggungjawab, humanis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan Buddy System.

Selain itu diharapkan juga mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayah masing-masing dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah. Apabila konflik sudah mengganggu stabilitas Kamtibmas, maka pastikan konflik diselesaikan dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas dan nesesitas.Usai gelar Pasukan Operasi ‘Mantap Praja Toba 2024’ kegiatan dilanjutkan dengan Deklarasi Pilkada Damai.

Dalam sambutan tertulis Bupati Humbang Hasundutan yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Jamulim Simanullang menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polres Humbang Hasundutan yang telah menginisiasi palaksanaan Deklarasi Pilkada Damai pada hari ini, dalam upaya menjaga suasana politik yang kondusif dan aman di Kabupaten Humbang Hasundutan menjelang Pilkada Serentak Tahun 2024.

Mewujudkan pemilu yang Aman, Tertib, Damai, Dan Sejuk tidak semata-mata merupakan tugas kepolisian saja, melainkan perlu kerjasama dari berbagai pihak. Oleh karena itu diharapkan agar kita saling mendukung mensukseskan penyelenggaraan pilkada serentak ini. Kebersamaan ini jangan sampai hilang, silahkan mensosialisasikan calon pemimpin yang diinginkan tapi jangan menyalahkan orang lain dan menjelek-jelekkan orang lain. Saya mengajak kita semua agar bisa bangun kebersamaan ini, perbedaan itu adalah sesuatu yang sangat indah untuk menciptakan sesuatu yang lebih indah lagi.

Diharapkan Deklarasi ini menjadi pengikat untuk mewujudkan pilkada serentak yang Demokratis, Jujur, Adil, Aman dan Kondusif serta Berkualitas. Berkualitas disini mengandung makna semua proses pilkada dijalankan sesuai prosedur dan transparan, sehingga hasil pilkada serentak diterima oleh semua pihak dan memiliki tingkat kepercayaan publik dan otomatis pemimpin yang dihasilkan pun memiliki legitimasi yang kuat dari rakyat.

Pada kesempatan yang sama semua bersepakat untuk mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 dengan membubuhkan tandatangan pada Deklarasi Pilkada Damai, yang sudah dideklerasikan sebelumnya di Ruang Silitonga, Mapolres Humbang Hasundutan.

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Kepolisian Resor Humbahas, Polisi Humbahas, Kepolisian Resor Humbang Hasandutan