Banyuwangi – Dalam rangka upaya pemeliharaan keamanan harkamtibmas diwilayah perairan selat Bali serta penegakkan hukum di laut pada wilayah hukum Polresta Banyuwangi, Satpolairud Polresta Banyuwangi melaksanakan kegiatan patroli rutin pengawasan perairan guna meningkatkan pengawasan terhadap kapal-kapal yang sedang legoh jangkar dan nelayan yang melakukan aktifitas memancing di Perairan Selat Bali. Selasa (28/5/2024) Sore.

Kasat Polairud AKP. I Nyoman Ardita, S.H., M.H., melalui komandan kapal Patroli 1033 Bripka I Nyoman Suma mengatakan,” Kegiatan patroli yang dilaksanakan bersama Briptu Artha Zaidan R, S.H., guna melakukan pengawasan terhadap kapal kapal yang sedang labuh jangkar di area kawasan alur pelayaran selat Bali. Selain melakukan pengawasan terhadap kapal yang labuh jangkar, kami dari Satpolairud juga melakukan patroli dan pemeriksaan terhadap kapal yang sedang melintasi alur pelayaran selat Bali ” jelasnya.

Lanjutnya, adapun kegiatan patroli yang dilaksanakan oleh personel Satpolairud meliputi patroli kekawasan yang berada disekitar dermaga Pelabuhan Pertamina, Pelabuhan Tanjuwangi, Pelabuhan ASDP, Kabel Bawah Laut, dan Kawasan tempat Wisata.

Dalam kegiatan patrol tersebut kata dia, personel Polairud Polresta Banyuwangi menghimbau kepada ABK kapal dan masyarakat yang memancing untuk selalu waspada terhadap perubahan cuaca extrem, tidak mengkonsumsi minuman keras, mengutamakan keselamatan dalam kegiatan penangkapan ikan, dengan mengenakan alat-alat keselamatan seperti lifejacket, tidak boleh menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, seperti bahan peledak ataupun bahan kimia saat menangkap ikan yang nantinya dapat membahayakan diri sendiri ataupun orang lain.

“Harapannya dengan adanya kehadiran personel Polri khususnya Satpolairud ditengah-tengah masyarakat dapat menciptakan suasana yang aman, nyaman dan kondusif kepada para nelayan yang melakukan aktivitas mencari ikan maupun labuh jangkar diwilayah perairan selat Bali, selain meningkatkan silaturahmi dan komunikasi, harapannya dari patroli yang dilaksanakan dapat menyampaikan himbauan ataupun pesan-pesan kamtibmas,” pungkasnya.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Polda Jatim, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi