SEMARANG – Masyarakat pasca pungut suara pemilu 2024 m dihimbau waspadai konten hoaks yang beredar.

Himbauan itu di sampaikan Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. Satake Bayu dalam keterangan pers nya, Jumat (16/2)di Mapolda Jateng, jalan Pahlawan Semarang.

Satake Bayu menjelaskan ada sejumlah konten hoaks yang kerap muncul saat Pemilu. Konten Hoaks tersebut, kata dia harus diwaspadai oleh masyarakat.

Ia menghimbau masyarakat agar hati-hati terhadap informasi yang tidak benar atau menyesatkan, diharapkan masyarakat tidak menelan mentah-mentah segala informasi yang diterima baik dari media sosial maupun melalui pesan berantai, lakukan cek, ricek dan kroscek terhadap informasi yang didapatkan dan teruji validitasnya sebelum disebarluaskan.

” Di masa seperti ini banyak konten hoaks yang harus kita waspadai bersama, di himbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh berita hoaks yang belum teruji kebenaran nya ” kata Kabid Humas.

Terkait adanya konten yang disebarluaskan melalui Medsos berkaitan dengan narasi yang bersifat Provokasi, Kombespol Satake Bayu menjelaskan bahwa ada mekanisme yang telah diatur mengenai hal tersebut.

Misal berkaitan dengan pelanggaran maupun dugaan adanya kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu bisa dilaporkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun melalui saluran yang telah disediakan oleh Negara.

“Kami himbau masyarakat tetap tenang, jangan mudah terprovokasi oleh konten hoaks yang belum tentu benar, bila ada permasalahan silahkan di tempuh mekanisme yang sudah di tentukan”, tutur Kabidhumas.

sumber : krjogja.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono