Banyuwangi – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menilai Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2024 dapat menjadi percontohan bagi daerah lain dalam menyelenggarakan kalender pariwisata Kharisma Event Nusantara (KEN).

Hal itu ia sampaikan usai menyaksikan secara langsung BEC 2024 yang digelar pada Sabtu (13/7/2024).

“Saya melihat event ini bisa jadi acuan bagi penyelenggaraan Karisma Event Nusantara (KEN) di beberapa daerah lainnya,” ujar Sandiaga dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (14/7/2024).

Sejak 2022, BEC dan event Banyuwangi lainnya, Gandrung Sewu, telah masuk dalam kalender pariwisata KEN.

Pada acara tersebut, Sandiaga menyerahkan sertifikat KEN kepada Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

“Selamat, festival ini masuk sebagai salah satu festival terbaik nusantara,” ucap Sandiaga.

BEC 2024 mengusung tema “Ndaru Deso Revival of Village” yang menampilkan berbagai keunikan dan potensi desa-desa di Banyuwangi.

Sandiaga mengapresiasi Banyuwangi yang mengangkat tema ini karena mencerminkan semangat pemerataan pembangunan.

“Indonesia dibangun bukan dari pusat, tapi dari desa-desa di Nusantara,” katanya.

Selain Sandiaga, BEC juga dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.

Basuki turut mengapresiasi BEC. Menurutnya, acara tersebut adalah inovasi dan kreativitas Banyuwangi yang tidak ada duanya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, parade BEC berhasil menarik ribuan penonton. Mereka terpukau oleh penampilan para talent yang berjalan di catwalk sepanjang 2,5 kilometer.

Sepanjang rute tersebut, masyarakat tampak antusias menyaksikan parade dan memadati rute sejak awal hingga akhir pagelaran.

Ipuk menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang terus mendukung Banyuwangi.

“Dukungan ini semakin mempercepat pembangunan dan kemajuan daerah,” ujarnya.

Ia juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Banyuwangi, terutama yang terlibat dalam menyukseskan acara ini.

sumber: kompas

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono