BANYUWANGI – Kegembiraan terpancar dari raut wajah masyarakat Pal 7 Dusun Karangrejo Selatan, Desa Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur yang sudah tak lagi kesulitan mendapatkan air.

Kebahagiaan itu muncul karena adanya bantuan sumur bor hingga pemberian pompa Sibel dari Polresta Banyuwangi yang selama ini dibutuhkan masyarakat agar bisa mendapatkan air bersih. Pasalnya wilayah Wongsorejo sendiri terkenal dengan dataran tinggi tandus kurang lebih 500 Mdpl sekaligus minim curah hujan.

“Saat ini kami bersama masyarakat memasang pompa atau Sibel pada sumur bor yang telah dibuat,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono, SH, SIK, M Si, pada, Kamis (13/6/2024).

Harapan masyarakat akan kebutuhan air telah menjadi kenyataan. Bagaimana tidak, selama ini masyarakat Pal 7 Dusun Karangrejo Selatan tersebut harus rela bergantian mendapat air bersih dari wilayah lain yang berjarak lebih dari 3 Kilometer (Km) hanya untuk kebutuhan pribadi seperti minum dan mandi.

Tak hanya itu saja, masyarakat juga selalu mengandalkan hujan dalam mengembangkan pertanian di wilayahnya. Bahkan tak ada satu sungai pun yang mengalir membasahi areal pertanian mereka.

Kombes Pol Nanang menjelaskan, tujuan dibuatnya sumur bor di Pal 7 Dusun Karangrejo Selatan tersebut yaitu untuk kebutuhan sumber air masyarakat. Dengan kedalaman sumur bor kurang lebih 135 Meter (M), sumur tersebut bisa mengaliri air sebanyak 150 kepala keluarga.

“Harapanya adanya sumur bor dan Sibel atau pompa air tersebut bisa dipakai kembali, jadi masyarakat tidak perlu kesusahan mendapat air dari daerah lain,” tandasnya.

Nampak Kombes Pol Nanang dan seluruh jajaran kepolisian bergotong royong bersama masyarakat dalam memasang Sibel pada sumur bor, masyarakat yang antusias pun ikut memberi dukungan serta menampakan wajah sumringah karena sudah bisa mendapat air dengan mudah.

“Semoga besok sudah bisa terpakai oleh warga Dusun Karangrejo Selatan, dan tidak lagi bingung air,” tutur Kombes Pol Nanang.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Wongsorejo Abdul Bakar mengucapkan banyak terima kasih mewakili warga Dusun Dusun Karangrejo Selatan, karena telah memberikan bantuan yang paling dibutuhkan di wilayah tersebut.

Apalagi masyarakat tidak perlu bergantian lagi mendapatkan air dari daerah lain untuk keperluan sehari-hari.

“Sebelumnya masyarakat dusun sini mengambil air bersih dari sumur bor bernama Wana Lestari, yang jaraknya 3 Km,” terangnya.

“Terimakasih dan Alhamdulillah saya ucapkan, karena Polresta Banyuwangi telah membantu mengatasi permasalahan air, dan semoga air bisa dinikmati masyarakat sekitar,” imbuh Abdul.

sumber : timesindonesia.co.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi