Maluku – Ormas Maluku Manawa Maju (3M) menggelar acara Sahari Bakudapa keluarga besar Maluku Manaya Maju dengan tema Demi Penguatan Organisas di Cibubur.

Acara didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan doa yang diimami Habib Faisal bin Djindan.

Ketua Umum 3M, Ronald Mayaut dalam sambutannya menyampaikan “Hari ini katong berkumpul untuk berbagi kasih dan saling mengenal diantara keluarga besar 3M se-Jabotabek” ucap Ronald.

Selain itu tujuannya, dikatakan Ronald untuk menjalin komunikasi yang lebih lancar dan menjalin silaturahmi sesama saudara.

Ronald pun mengharapkan agar program-program kerja 3M dapat terealisasi pada tahun ini dan semakin mendapatkan ruangan, pengakuan, di tengah masyarakat Maluku, baik yang di Jabotabek, Maluku dan seluruh Indonesia.

Sementara Sekjen 3M, Matheos Birahy yang akrab dipanggil Toka, mengemukakan bahwa tampak hasil dari Sahari Bakudapa ini adalah terjalinnya silaturahmi baik secara kuallitas maupun kuantitas dari para anggota dan pengurus 3M se Jabotabek.

“Pembangunan sumber daya manusia, itu yang paling utama,” jawab Toka terkait pertanyaan media ini, konsentrasi dari 3M untuk ke depannya.

“Kita akan samaratakan baik yang ada di DKI, Jabotabek secara keseluruhan maupun yang di Provinsi Maluku,” imbuhnya.

3M, menurut Toka, lahir di Ambon, Maluku dan menjadi organisasi yang dominan di Maluku selain di Jabotabek ini dan saat ini konsentrasi untuk pengembangan di Jabodetabek.

“3M harus diposisikan sebagai mitra, hari ini kepala daerah – kepala daerah di Maluku ini menganggap ormas sebagai instrumen-instrumen 5 tahunan, saya tidak memposisikan 3M seperti itu,” kata Matheos Birahy yang akrab dipanggil Toka

“3M harus menjadi ormas pelopor pembaharuan Maluku melalui aktivitas yang dinakhodai Ronald Mayaut Itu memang harus terukur di situ,” pungkas Julius yang sudah menulis beberapa buku diantaranya Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Perekonomian IndonesiabDan Dinamika Ekonomi Global.

Hadir Dalam acara ini, Habib Faisal bin Djindan, Waketum Fadly Syeh Abubakar, Waksek, Arif Hentihu, staf khusus, Victorina Adam, Bendahara, Nuraini Bachmid, Ketua Litbang, Levi, Humas, Eky Erfina, Ketua OKK, Jimmy Pasanea, Ketua Pertimbangan Yulius Patty, Ketua Wakil OKK Rajab Umamity, Penasehat, Umar Mualo, Dewan Pembina, Wahab, Ketua DPC Jakarta Pusat, Ramon Lessy, Ketu DPC Jakarta Timur, Ricky Soukota, Ketua DPC Jakarta Utara, Trifena Lazarus, Ketua DPC Bekasi Raya, Amir Tahapary, Ketua DPC, Ketua DPC Depok, Yosep Z. Wattimena dan Panglima DPP Iwan Leurima dan jajarannya.(*)