Palangka Raya – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilaksanakan di sekolah-sekolah pada awal tahun ajaran baru ini dimanfaatkan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng untuk memberikan pendidikan lalu lintas kepada siswa baru yang dilaksanakan di SMAN 1 Palangka Raya, Rabu (10/7/2024) pagi.

Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol R.S. Handoyo, S.I.K., M.Si melalui Kasubditkamsel Ditlantas AKBP Dodik Hartono, S.H., S.I.K., M.H. mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk menanamkan kesadaran hukum kepada para siswa dalam berlalu lintas.

“Kegiatan MPLS ini merupakan awal bagi para siswa ini masuk di sekolah baru ke tingkat yang lebih tinggi, yang semula mereka duduk dibangku SMP kemudian naik ke SMA,” ucap Dodik.

Lanjut Dodik, sehingga pengetahuan berlalu lintas dan kesadaran hukum bagi mereka ini sangat penting untuk disampaikan.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa 60% pengguna jalan banyak didominasi oleh anak – anak sekolah, juga pengguna jalan yang terlibat kecelakaan lalu lintas maupun balap liar pun juga didominasi oleh usia pelajar” tuturnya.

Maka dari itu pihaknya berharap melalui kegiatan Dikmas Lantas yang dikolaborasi dengan kegiatan MPLS ini dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas termasuk fatalitas korban.

“Kita berharap materi yang sudah disampaikan ini, nantinya dapat menjadi pedoman bagi mereka dalam melakukan aktivitas di jalan raya serta menjadikan mereka pelopor keselamatan berlalu lintas,” tutupnya

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, Kepolisian Daerah Kalteng, Polisi Kalteng