Banyumas – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 di Menara Teratai Purwokerto. Acara ini digelar pada Sabtu (18/5) dari siang pukul 12.30 WIB hingga pukul 23.00 WIB.
Namun pada acara konser di malam hari ini diwarnai kericuhan antarpenonton. Mereka terlibat aksi saling lempar batu saat konser yang menghadirkan bintang tamu Nabila Maharani akan berakhir. Akibatnya sejumlah penonton mengalami luka.

Kejadian ini sempat terekam ponsel dan tersebar melalui pesan berantai. Dalam video berdurasi 27 detik ini nampak penonton yang berada di sisi kanan dan kiri panggung awalnya saling lempar sandal dan botol.

Namun lama-kelamaan tidak hanya sandal, melainkan saling lempar batu. Aksi itu terjadi meski konser itu mendapat pengamanan dari kepolisian.Ketua KPU Banyumas, Rofingatun Khasanah menjelaskan rangkaian acara telah berjalan dengan lancar sejak siang hari. Hanya saja pada saat acara selesai terjadi keributan antar penonton.

“Tepat di penghujung acara, baru terjadi keributan. Karena penonton sebagian ada yang akan berjalan pulang sedangkan sebagian masih ada yang bertahan di lokasi,” kata dia melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (19/5/2024).

Insiden tersebut memicu keributan yang mengakibatkan kepanikan di antara penonton. Pihak keamanan segera bertindak cepat untuk mengamankan oknum-oknum yang terlibat dalam insiden tersebut.

“Pihak keamanan juga langsung mengamankan oknum-oknum yang membuat keributan. Alhamdulillah semua bisa cepat terkendali, dan membubarkan diri dengan tertib,” terangnya.

Meskipun situasi berhasil dikendalikan dengan cepat dan acara dapat berakhir secara tertib. Sayangnya beberapa penonton mengalami luka ringan akibat kepanikan tersebut.

“Sialnya ternyata banyak penonton yang panik sehingga ada yang jatuh pingsan, dan terlempar batu. 3 korban di RSI (Rumah Sakit Islam) dan 4 korban di RS Ananda sudah diperbolehkan pulang,” jelasnya.

Ia mengungkapkan seluruh pembiayaan penonton yang sempat menjalani perawatan ditanggung oleh KPU Banyumas. Tak hanya itu, penonton tersebut juga diantarkan pulang sampai rumah.

“KPU sudah menyelesaikan semua biaya perawatan dan mengantarkan korban sampai di rumahnya masing masing,” pungkasnya.

sumber: detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono