Berita

Kesiapan Pilkada 2024: KPU Banyumas Terima dan Amankan Seluruh Surat Suara

BANYUMAS – Proses persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Banyumas berjalan sesuai jadwal. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas telah menerima seluruh surat suara yang akan digunakan untuk pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub) dan pemilihan Bupati Banyumas (Pilbup).

Ketua KPU Banyumas, Rofingatun Khasanah, mengonfirmasi bahwa surat suara untuk Pilgub tiba di gudang KPU pada Kamis (24/10/2024) malam, lebih awal dari yang dijadwalkan, 25 Oktober 2024. Sementara surat suara untuk Pilbup juga telah tiba lebih awal, yaitu pada Rabu lalu (23/10/2024).

“Surat suara Pilgub tiba pada Kamis petang, pukul 18.00 WIB. Kami KPU Kabupaten Banyumas menerima sebanyak 1.426.892 lembar atau 238 boks,” ujar Rofingatun pada rilsinya, Jumat malam (25/10/2024).

Sebanyak 1.428.893 lembar surat suara Pilbup juga telah diterima, sudah termasuk tambahan 2.000 lembar untuk antisipasi kebutuhan Pemungutan Suara Ulang (PSU) jika diperlukan.

Setelah memastikan jumlah yang diterima sesuai, KPU Banyumas merencanakan proses penyortiran dan pelipatan surat suara akan dimulai pada 1 November. Proses ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar 10 hari, dengan melibatkan sekitar 100 tenaga kerja.

“Nantinya, pendistribusian akan dilakukan ke tingkat kecamatan maksimal pada 23 November, dan dilanjutkan ke desa-desa pada 24 November, sehingga surat suara sudah berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada H-1 atau 26 November 2024,” jelas Rofingatun.

Untuk Pilkada dan Pilgub di Kabupaten Banyumas tahun ini, tercatat ada 2.650 TPS yang tersebar, termasuk empat TPS khusus di sejumlah fasilitas, yakni Rutan Kelas IIB Banyumas, Lapas Kelas IIA Purwokerto, Lapas Narkotika, dan Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Sudagaran.

Selain pihak KPU, pihak Pemerintah Kabupaten Banyumas juga memastikan kesiapan logistik dan keamanan. Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Iwanuddin Iskandar, turun langsung meninjau gudang logistik KPU Banyumas untuk memeriksa keamanan penyimpanan surat dan kotak suara, Jumat siang (25/10/2024).

Dalam keterangannya pers-nya, Iwanuddin menyatakan bahwa seluruh logistik Pilkada tersimpan aman di lokasi yang bebas dari potensi bencana seperti banjir atau longsor.

“Dapat dikatakan jauh dari potensi bencana seperti banjir dan tanah longsor,” ungkapnya.

sumber: radarbanyumas

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai


Related Posts

1 of 2,173