Semarang – Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi meminta kepada jajarannya di wilayah agar menggelar acara sosialisasi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang dibalut dengan olahraga motor trail atau trabas kamtibmas. Sebab, selain ajang sosialisasi trabas kamtibmas juga bermanfaat untuk mengenalkan potensi wisata di daerah tersebut.
Hal itu ia sampaikan dalam acara trabas kamtibmas di Lembah Joglo, Desa Kalongan, Kabupaten Semarang, Sabtu (18/5/202).

“Di sini ada kegiatan untuk meng-explore wilayah (potensi wisata), juga ada kegiatan bakti sosial, rekan-rekan trabas merupakan pioner-pioner di satuan di wilayah, oleh karena itu di seluruh Jawa Tengah kita perintahkan untuk membuat kegiatan yang sifatnya pembinaan harkamtibmas, contohnya dengan trabas,” katanya dalam keterangan tertulis.

Trabas kamtibmas juga dinilai merupakan cara menyenangkan dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dengan acara utama olahraga motor trail, trabas kamtibmas juga biasa diselingi dengan hiburan, pembagian sembako, hingga pemeriksaan kesehatan.

Karena itu, dia berharap masyarakat akan larut dan melupakan gesekan-gesekan khususnya menjelang Pilkada 2024 serentak di Jateng.

“Karena, kita akan mengadakan Pemilu (Pilkada) secara serentak, dengan kegiatan ini masyarakat akan lupa bahwa sedang melaksanakan Pemilu jadi ini untuk menghibur masyarakat (agar situasi Kamtibmas tidak panas dan terpolarisasi),” imbuh Luthfi.

Dia berharap dengan digelarnya acara tersebut di masing-masing wilayah bisa menambah rasa persaudaraan di kalangan masyarakat.

“Kegiatan ini untuk menyamakan persepsi Kebersamaan dalam rangka menciptakan harkamtibmas dan soliditas antara masyarakat dan Polri,” ujarnya.

“Trabas merupakan suatu kegiatan olahraga di situ ada nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada masyarakat kita untuk memberikan kedamaian oleh karenanya trabas mengandung makna yang sangat luar biasa,” tambahnya.

sumber: detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono