SOLO – Bursa nama bakal calon Gubernur Jateng makin terus beredar di masyarakat. Bahkan muncul nama Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, SH. Dari polling yang beredar di sosmed WhatsApp beberapa hari ini, Ahmad Luthfi meraih suara tertinggi.

Dari suara masuk pada akhir pekan kemarin, tercatat polling sebanyak 38.008 suara, Ahmad Luthfi meraih 12.476 suara atau 32,8 persen.

Kemudian disusul Sudaryono yang saat ini menjabat Ketua DPW Gerindra Jateng dengan 10.244 suara atau atau 27,0 persen.

Dalam polling tersebut, selain nama Kapolda Jateng dan Ketua DPW Gerindra Jateng ini, juga ada nama-nama besar yang sudah melalang buana dalam kancah politik di Indonesia.

Seperti Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul yang saat ini sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, HM Lukman Hakim Al Jambi, anggota DPR RI, Hendrar Prihadi Ketua LKPP RI yang juga mantan Walikota Semarang.

Ada juga Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama, KH Yusuf Chudlori Ketua DPW PKB Jateng, dan masih banyak tokoh-tokoh politik Indonesia.

Meski berada pada urutan pertama, untuk bisa maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jateng 2024, Ahmad Luthfi harus punya kendaraan partai politik.

Dengan melihat dari jabatan saat ini dan kedekatannya dengan petinggi-petinggi partai politik, Ahmad Luthfi bisa jadi dilirik Partai PDI Perjuangan, Partai Gerindra, atau bahkan Partai Golkar.

Berikut beberapa prestasi Ahmad Luthfi yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber : Penghargaan Kementrian PPA atas komitmen dan konsistensi Polda Jateng dalam penegakkan hukum kasus – kasus kekerasan, eksploitasi dan perlakuan salah terhadap perempuan dan anak secara tepat dan terintegrasi;

Penghargaan Presisi Award dari LEMKAPI atas dedikasi dan loyalitas kinerja Polda Jateng dalam meningkatkan pelayanan publik;

Penghargaan Kompolnas Award meraih kategori satuan wilayah pelayanan terbaik kelompok A;

Penghargaan oleh PBNU kepada Kapolda Jateng atas Perhatian Besar Vaksinasi di Pesantren; Penghargaan Dari Jawa Pos, Polisi Hadir untuk Masyarakat;

Penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak atas sejumlah pengungkapan berbagai kasus human trafficking dan program Aku Sedulurmu yang dilaksanakan Polda Jateng;

Penghargaan Lembaga Prestasi Indonesia – Dunia atas prestasi pengarahan Talk Show Serentak di 6 Kota Provinsi Jawa Tengah; dan dinobatkan sebagai Tokoh Inspiratif Jawa Tengah.

Sebelumnya, pengamat Politik dari UNS, Solo, Agus Riewanto mengatakan, hasil poling Pilgub 2024 memiliki hubungan dengan pemilih dalam Pemilu 2024. Dan, pemilih Pemilu 2024 didominasi anak muda atau generasi Z.

Selain pengaruh pemilih, cagub juga bisa dipengaruhi oleh kepartaian. Dalam hal ini, Capres Prabowo dari Partai Gerindra banyak memberikan kekuatan dari unsur kepartaian.

“Kepala daerah itu dua untuk kepemimpinannya. Pertama karena tokoh, kedua karena jejaring sosial dan mesin politik yang kuat dan ini pasti dari partai. Kalau Pak Prabowo menang, Gerindra punya tokoh. Dan ini berpengaruh pada partainya. Termasuk kemunculan nama Ketua Partai Gerindra Jateng tersebut, karena kepartaian,” kata Agus.

sumber : Jatengpos.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono