MAGELANG – Polda Jawa Tengah (Jateng) mengumpulkan forkompimcam, kepala desa (kades), babinsa, dan bhabinkamtibmas se-kota dan Kabupaten Magelang pada Selasa (11/6/2024).

Hal ini, dalam rangka apel tiga pilar untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif menjelang Pilkada 2024.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, apel tiga pilar ini dilaksanakan untuk memperkuat keamanan dan ketertiban di tingkat desa.

“Utamanya saat nanti Operasi Mantap Praja 2024 menjelang Pilkada,” katanya usai apel di gedung AH Nasution, Kota Magelang.

Irjen Pol Ahmad Luthfi menjelaskan, operasi tersebut akan diselenggarakan serentak di 35 kabupaten/kota di Jateng pada awal Agustus 2024 mendatang.

Polda Jateng bakal memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat pada gelaran Pilkada 2024.

Menurutnya, pengamanan tersebut dilakukan dengan basis deteksi dini di tingkat kecil, yakni tingkat desa.

“Dengan harapan, kalau semua desa (di Jateng) bisa mengamankan kegiatan ini (pilkada), maka kecamatannya aman, kabupatennya aman, provinsinya aman,” ujarnya.

Pun Polda Jateng bakal menggandeng seluruh pihak untuk bersama-sama menciptakan rasa aman pada gelaran Pilkada 2024.

Mengingat, tantangan yang dihadapi tak jauh berbeda dengan Pemilu 2024, maka proses pengamanan pilkada akan dilakukan serupa yaitu berkaitan dengan polarisasi akibat perbedaan pilihan di masyarakat.

“Kami imbau kepada masyarakat Jateng untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, meski ada perbedaan pilihan saat pilkada nanti,” imbaunya.

sumber : radarjogja.jawapos.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono