BANYUWANGI – Truk tronton boks dengan nomor polisi L 9760 ZZ tergelincir dan nyaris jatuh ke jurang di Jalan Nasional Gunung Gumitir, Desa Sidomulyo, Silo, Jember. Peristiwa itu juga menyebabkan jalur Jember – Banyuwangi macet.

Anggota Tim Reaksi Cepat Gunung Gumitir, Wiji Hariyanto mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. Awalnya, truk tronton melaju dari timur atau Banyuwangi menuju Jember.

“Saat sampai tikungan sekitar Gunung Gending sebelum tower TVRI, truk tersebut berpapasan dengan kendaraan lain. Karena ban belakang sebelah kiri truk yang masih belum bebas, akhirnya truk tersebut terperosok hingga nyaris terjun bebas ke jurang,” kata Wiji, Sabtu (29/6/2024).

Akibat kejadian tersebut, lanjut Wiji, truk tidak bisa bergerak. Beruntung sopir dan kernet berhasil turun dan menyelamatkan diri untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Truk yang terperosok itu kondisinya miring ke kiri dan tidak bisa bergerak. Untuk sopir dan kernet alhamdulillah selamat,” ujarnya.

“Selepas kejadian, kondisi lalu lintas macet total baik dari arah Banyuwangi atau Jember. Kalau dari Banyuwangi itu kemacetan mengular sampai sekitar 3 kilometer, sedangkan dari arah Jember sekitar 4 kilometer,” sambungnya.

Kemacetan tersebut, lanjut Wiji, masih terjadi sampai sekitar pukul 23.30 WIB. Sehingga diberlakukan sistem buka tutup arus lalu lintas.

“Tadi juga pihak Polsek Sempolan (Silo) sudah datang ke lokasi untuk membuat rekayasa arus lalu lintas dengan sistim buka tutup dibantu rekan dari TRC Gumitir. Kalau proses evakuasi, rencana ditarik secara manual dengan bantuan kendaraan lain,” ucapnya.

Kapolsek Silo AKP M. Na’i membenarkan adanya kejadian truk nyaris masuk jurang dan menyebabkan kemacetan. Namun, pihaknya masih menunggu laporan dari anggota yang bertugas di TKP untuk informasi lebih lanjut.

“Iya benar, truk boks tersebut tergelincir di sekitar area Gunung Gumitir. Sementara anggota masih terjun ke lokasi untuk mengatur arus lalu lintas yang macet, nanti akan kita informasikan lebih lanjut,” tandasnya.

sumber: detikjatim

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Polda Jatim, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi