Sukoharjo – Punokawan merupakan tokoh pewayangan yang diciptakan oleh pujangga Jawa, terdiri dari Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. Hari ini, 14 Februari 2024, mereka didapuk untuk hadir di beberapa TPS wilayah Kabupaten Sukoharjo atau Kota Jamu.

Bukan tanpa alasan Punokawan itu hadir, rupanya mereka membawa misi perdamaian pada pemilu 2024. Kehadiran para Punokawan tersebut adalah salah satu upaya dari penyuluhan kamtibmas Pemilu 2024 yang aman dan damai dari Polres Sukoharjo.

Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit melalui Kasat Binmas Polres Sukoharjo AKP Marya mengatakan kegiatan tersebut adalah penyuluhan Pemilu damai. Para Punokawan tersebut hadir di salah salah satu TPS Kelurahan Sukoharjo, Kelurahan Jetis, dan Keluraham Sonorejo, Rabu (14/2/2024).

“Kami mengimbau walaupun berbeda pilihan jangan menjadi perselisihan. Berbeda pendapat jangan menjadi ajang pertengkaran,” kata dia di Sukoharjo.

Dalam kesempatan tersebut, AKP Maryana mengaku menggandeng para tokoh Punokawan sebagai salah satu upaya menampilkan sisi humanisme di balik para petugas kepolisian.

Terjunkan Ratusan Personel

Berkostum Punokawan, Polres Sukoharjo Ajak Masyarakat Wujudkan Pemilu yang Aman dan Damai

Sementara itu, sebelumnya Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit mengaku sejak H-1 sebelum tahap pencoblosan di TPS yang digelar hari ini 14 Februari 2024, pihaknya sudah menerjunkan ratusan personel dalam mengamankan pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

Ratusan personel itu terdiri dari 426 personel Polres Sukoharjo, 72 BKO dari TNI sebagai pengamanan Pemilu di Kabupaten Sukoharjo. Masih di-backup personel POH (power on hand) dari Polres Sukoharjo dan Polda Jawa Tengah sejumlah 85 personel.

“Personel pengamanan di TPS harus menguasai, mengaplikasikan cara bertindak dan metode pengamanan yang telah dilatihkan. Sehingga, Pemilu 2024 berjalan aman dan damai,” pungkas AKBP Sigit.

 

Polres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo Sigit, AKBP Sigit, Kabupaten Sukoharjo, Pemkab Sukoharjo, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng