Banyuwangi –  Rayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, sebanyak 79 pelari dari Komunitas BWXplorer dan Teman Lari Banyuwangi berlari sejauh 79 kilometer, Sabtu (17/8/2024). Rute lari yang melintasi beberapa ruas jalan di Banyuwangi ini dimulai dan berakhir di markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0825 Banyuwangi.

Hendri Tan, Ketua Komunitas BWXplorer, menyampaikan bahwa kegiatan berlari sejauh 79 kilometer dalam rangka HUT RI merupakan bentuk penghormatan kepada para pejuang NKRI yang telah setia berjuang dan mempertahankan Indonesia. Aktivitas berlari sejauh 79 km, merupakan cara komunitas lari di Banyuwangi dalam mewujudkan cinta kepada Indonesia.

“Hari ini kita mencoba mewujudkan cinta kepada Indonesia melalui yang bisa dilakukan yaitu dengan berlari sejauh 79 Km, dan ini cara kami dalam merayakan HUT RI,” ujar Hendri Tan pada Sabtu (17/8/2024).

Menurut Hendri, kegiatan lari dalam rangka HUT RI telah menjadi agenda rutin komunitasnya. Sebelumnya, mereka pernah berlari dari Lorong Bambu Taman Blambangan Banyuwangi menuju Puncak Gunung Ijen, di mana setelah sampai puncak, mereka langsung mengibarkan bendera Merah Putih.

“Setiap tahun kami peringati dengan berlari, karena ini hobi kami, biasanya pesertanya tidak sampai sepuluh dan untuk tahun ini pesertanya sudah bertambah banyak,” tambah Hendri.

Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol Arh Joko Sukoyo, menilai positif kegiatan yang dilakukan oleh komunitas lari Banyuwangi. Oleh karena itu, Kodim memberikan fasilitasi berupa personil untuk melakukan pengawalan serta menyiapkan markas Koramil yang dilalui sebagai tempat istirahat bagi pelari.

“Tahun ini kami rangkul mereka, karena memang kegiatannya sangat positif, selain itu ada anggota kami yang ikut berlari, dan beberapa juga melakukan pengawalan,” jelas Letkol Arh Joko.

Perayaan HUT RI ke-79 di Banyuwangi semakin spesial dengan adanya lari yang melibatkan 79 anggota komunitas Komunitas BWXplorer dan Teman Lari Banyuwangi. Selian menempuh jarak 79 Km, untuk meramaikan kegiatan pantian juga menyediakan slot anggotanya untuk berlari degan jarak 17 km dan 8 km.

sumber: rri.co

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono