SEMARANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang melakukan evaluasi pasca adanya kasus dugaan piagam palsu yang digunakan untuk mendaftar PPDB SMA di ibu kota Jateng.

Seperti diketahui, sejumlah siswa SMPN 1 Semarang menggunakan piagam kejuaraan internasional marching band untuk mendaftar ke SMA, satu diantaranya SMAN 3 Semarang. Piagam tersebut ternyata dianggap tidak sah digunakan.

Kepala Disdik Kota Semarang, Bambang Pramusinto mengatakan, kejadian dugaan piagam palsu menjadi evaluasi tersendiri.

Meski analisis piagam untuk mendaftar ke SMA bukan kewenangan Disdik Kota Semarang, kejadian tersebut tetap menjadi catatan agar tidak terulang kembali. Perlu adanya pembinaan kepada kepala sekolah terkait hal ini.

“Kita mengadakan pembinaan kepada kepala sekolah agar lebih jeli untuk membuat keterangan piagam peserta didik. Pendaftaran SMA, provinsi punya sistem sendiri,” jelas Bambang, Senin (1/7/2024).

Sekretaris Disdik Kota Semarang, Erwan Rachmat menambahkan, Disdik mempunyai platform Sang Juara. Platform tersebut untuk menggunggah setiap piagam kejuaraan yang didapatk siswa SD untuk digunakan pendaftaran SMP.

Operator sekolah akan memasukan setiap piagam milik siswa. Kemudian, Disdik melakukan verifikasi.

“Disdik melakukan verifikasi, menolak atau menyetujui. Kalau menolak alasannnya apa (sudah tercantum). Kadang-kadang sertifikat tanpa ada nomor sertifikatnya. Kejuaraan menyebut juara 1 ternyata setelah dibaca juara 3,” terang Erwan.

Erwan menjelaskan, aplikasi Sang Juara itu digunakan untuk menampung sertifikat kejuaraan siswa SD yang hendak mendaftar ke SMP. Sementara, sertifikat kejuaraan siswa SMP untuk mendaftar SMA menjadi kewenangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng.

“Itu (Sang Juara) hanya untuk SD ke SMP. Sedangkan, SMP ke SMA sudah ada yang berwenang. Disdik kota tidak berwenang untuk meneliti palsu atau tidak. Kalau ijazah bisa,” ujarnya.

sumber: TribunJateng.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono