SEMARANG – Hafidz Rifqi Ramadhan (23), warga Wates, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah (Jateng) nekat mencuri di dealer dan sekolah di Kota Semarang untuk membayar kuliah dan makan.

Hafidz dijuluki maling spesialis “jam makan siang” karean beraksi saat istirahat jam makan siang.

Menurut Hafidz, mencuri saat siang hari lebih aman karena tempat perkantoran yang diincarnya selalu sepi, ditinggal istirahat makan atau salat.

“Saya mencuri pada siang hari itu karena keadaan sepi, ditinggal istirahat, salat, dan makan,” kata Hafidz saat dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolrestabes Semarang, Kamis (20/6/2024).

Untuk memuluskan aksinya, Hafidz lebih dulu menawarkan jasa cuci mobil kepada pegawai kantor dealer mobil dan ke sekolah-sekolah.

Keterampilan mencuci mobil ini dia miliki lantaran bekerja di salon mobil.

Ketika menawarkan jasa itu, dia selalu membawa tas gendong kosong sebagai tempat menampung barang hasil curian.

“Iya, dari awal sudah ada niat mencuri barang incaran, laptop dan handphone,” katanya.

Pemuda yang sedang menempuh pendidikan Sastra Inggris di sebuah kampus swasta Semarang itu mengaku, barang hasil curian dijual atau digadaikan di daerah Puspowarno dan Pleburan, Kota Semarang.

Tapi, ada juga yang dijual di daerah Bergas, Kabupaten Semarang.

“Uang hasil curian digunakan untuk kebutuhan membayar biaya kuliah dan makan,” katanya.

Selain di Kota Semarang, Hafidz juga pernah beroperasi di Kabupaten Semarang.

“Saya mencuri tidak di Kota Semarang saja, ada lokasi lain di Karangjati, di sebuah kantor dinas di Ungaran,” imbuhnya.

Setidaknya, tiga kali Hafidz mencuri di Kota Semarang, yakni di dealer Honda Semarang Center di Jalan Sumurboto, Banyumanik, Kota Semarang, Jumat (10/5/2024).

sumber: TribunBanyumas.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono