BANYUWANGI – Gedung yang digunaan untuk kantor dan ruang guru SDN 2 Temuasri, Kecamatan Sempu roboh akibat didera hujan deras beberapa hari terakhir pada Kamis (4/7) dini hari. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Hanya saja, sejumlah barang yang ada di kantor dan ruang guru itu banyak yang rusak ketimpa reruntuhan bangunan yang ambruk. “Ini kan masih libur sekolah, kejadiannya juga tengah malam,” terang Kepala SDN 2 Temuasri, Kecamatan Sempu, Mispan.

Menurut Mispan, gedung yang roboh untuk kantor dan ruang guru itu, termasuk bangunan lama. Sekolah, juga sudah mengajukan proposal untuk perbaikan sekolahnya. “Itu termasuk bangunan lama, sudah waktunya untuk renovasi,” katanya.

Mispan berharap, gedung yang roboh karena diterjang hujan deras itu bisa segera diperbaiki. Sebab, gedung itu sangat digunakan oleh sekolah. “Sekarang sedang ditangani oleh Dinas Pendidikan Banyuwangi untuk perbaikan,: ungkapnya.

Gara-gara gedung sekolahnya roboh, sejumlah barang, dokumen, dan bahan untuk pengajaran sekolah seperti komputer, meja, kursi, dan almari ada yang rusak. Untungnya, saat ini masih dalam liburan. “Semoga saat masuk sekolah, semua sudah selesai,” harapnya.

Agen Informasi Bencana (Agisena) BPBD Jatim Kabupaten Banyuwangi, Ismanto, menjelaskan bangunan sekolah itu ambruk pada Kamis (4/7) sekitar pukul 02.00. “Kejadian ini akibat hujan yang terus menerus, menyebabkan gedung kantor dan ruang guru ambrol,” ujarnya.

Ismanto menyebut, kondisi gedung dan material bangunan yang ambrol itu memang sudah tua. Akibatnya, atap dan dinding bangunan rusak parah, serta peralatan sekolah seperti komputer, meja, kursi, dan almari mengalami kerusakan. “Material bangunan sudah lapuk,” katanya.

Kerusakan akibat robohnya bangunan itu, sebut Ismanto, dinilai cukup parah dan kerugian mencapai Rp 100 juta lebih. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. “Dampak korban jiwa nihil karena masih libur sekolah, kerugian material sekitar 100 juta,” jelas Ismanto.

Ismanto mengimbau masyarakat dan instansi pendidikan untuk selalu memeriksa kondisi bangunan secara berkala, terutama saat musim hujan. “Pemeriksaan rutin sangat penting untuk mencegah kejadian serupa,” tuturnya.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono