Berita

10.017 Pelanggar Terjaring Operasi Zebra di Malang, Pemotor Lawan Arus Dominasi Kasus

MALANG – Sebanyak 10.017 pelanggar lalu lintas terjaring selama 13 hari pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2024 di Kota Malang. Dari jumlah pelanggar tersebut, pengendara sepeda motor mendominasi.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Fitria Wijayanti melalui Kasi Humas Polresta Malang Kota, Ipda Yudi Risdiyanto menuturkan, para pelanggar terjaring dalam berbagai jenis penindakan. Baik melalui tilang manual maupun tilang elektronik (E-TLE) secara statis maupun mobile.

“Selama pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2024 yang dimulai pada Senin (14/10/2024) hingga Sabtu (26/10/2024) lalu, telah menindak sebanyak 10.017 pelanggar. Dengan rincian, E-TLE mobile sebanyak 360 pelanggar, tilang manual sebanyak 1.510 pelanggar, dan Teguran Presisi sebanyak 8.147 pelanggar,” ujarnya kepada TribunJatim.com, Minggu (27/10/2024).

Apabila diperinci lebih detail dari jumlah 1.870 yang merupakan gabungan dari pelanggar yang ditindak memakai E-TLE maupun tilang manual, diketahui ada berbagai jenis pelanggaran yang sering dilakukan.

Lawan arus menjadi pelanggaran yang mendominasi dengan jumlah 689 pelanggar. Disusul tidak memakai helm SNI, dengan jumlah 678 pelanggar.

“Selanjutnya, memakai knalpot brong dengan jumlah 387 pelanggar. Kemudian menerobos lampu lalu lintas sebanyak 73 pelanggar, pengendara dibawah umur sebanyak 42 pelanggar, dan tidak memakai nomor polisi (nopol) sebanyak 1 pelanggar,” bebernya.

Sedangkan untuk roda empat atau mobil, ada sebanyak 21 pelanggar. Terdiri dari 2 pelanggar karena melawan arus dan 19 pelanggar karena menerobos lampu lalu lintas.

Sebagai informasi, Operasi Zebra Semeru 2024 digelar untuk menegakkan aturan dan keselamatan berlalu lintas. Dimulai pada tanggal 14 dan berakhir di tanggal 27 Oktober 2024.

Ipda Yudi Risdiyanto kembali mengimbau dan mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas dan mematuhi aturan berlalu lintas.

“Pada Minggu (27/10/2024) ini, adalah hari terakhir pelaksanaan Operasi Zebra Semeru. Kami kembali mengimbau kepada masyarakat, untuk selalu berhati-hati di jalan dan patuhi aturan berlalu lintas,”

“Memakai helm yang baik dan benar saat berkendara dan jangan melawan arus. Ingat, pelanggaran merupakan awal dari penyebab kecelakaan,” tandasnya

sumber:  TribunJatim.com

 

Polresta Malang Kota, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Nanang Haryono, Malang Kota, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Malang Kota, Resta Malang Kota, Kepolisian Resor Malang Kota, Polisi Resor Kota Malang, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Pemkab Malang Kota, Kabupaten Malang Kota, Kodya Malang, Pemkot Malang Kota, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Nanang Haryono, Kapolresta Malang Kota Kombes Nanang Haryono


Related Posts

1 of 743