Berita

Rakernis Dokkes di Kalteng: Kapolda Soroti Falsafah Huma Betang untuk Manfaat Masyarakat

Palangka Raya – Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, secara langsung membuka kegiatan rapat kerja teknis (Rakernis) fungsi Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Tahun Anggaran 2024 bertempat di Gedung Graha Bhayangkara, Mapolda setempat, Kamis (24/10/24).

Hadir dalam Rakernis tersebut, Wakapolda Brigjen Pol Dr. Rakhmad Setyadi dan sejumlah pejabat utama serta turut diikuti personel pengemban fungsi Dokkes dan peserta Rakernis lainnya.

Adapun tema dalam Rakernis kali ini, ialah Dokkes Polda Kalteng yang Presisi mendukung Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 guna Terwujudnya Kalteng yang Aman dan Nyaman.

Dalam sambutannya, Kapolda Kalteng mengungkapkan bahwa lambang Dokkes dengan logo tongkat dan ular itu mempunyai arti sangat penting dalam mitologi Yunani yaitu sebagai dewa penyembuhan atau pengobatan.

“Untuk itu, jadikan logo tersebut sebagai kebanggan rekan-rekan yang bertugas di bidang Dokkes, terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan,” ungkap Kapolda.

Lebih lanjut, Djoko juga menyebut bahwa di Kalteng ini ada filosofi yang namanya Falsafah Huma Betang. Dimana dapat diartikan untuk hidup bersama, bahu membahu dalam keberagaman.

“Dari Falsafah Huma Betang inilah, saya berharap agar dijadikan suatu bentuk tanggung jawab untuk memberikan kemanfaatan bagi masyarakat utamanya dalam hal kesehatan,” ujar Djoko.

Lebih dalam, Djoko juga menyebut bahwa saat ini di Kalimantan Tengah masih dihadapkan dengan persoalan kesehatan seperti halnya Stunting yang terjadi terhadap balita dan anak-anak.

“Untuk itu, saya minta agar lebih mengoptimalkan program Polda Kalteng yang sudah dicanangkan seperti Posyandu Presisi dan tentunya dengan bekerjasama serta berkolaborasi dengan stakeholder terkait tanggungjawab untuk memitigasi permasalahan kesehatan ini,” tandasnya.

Sebagai informasi, diakhir kegiatan Rakernis tersebut Kapolda turut memberikan tali asih berupa Alat Bantu Kesehatan kepada Biddokkes yang akan disalurkan bagi personel Polda Kalteng yang sakit.

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, Kepolisian Daerah Kalteng, Polisi Kalteng

Related Posts

1 of 1,414