Berita

Jalan Muharto Malang Ambles Mendadak, Ini Penjelasan Penyebabnya

Kota Malang – Salah satu titik di ruas jalan Raya Muharto, Kedungkandang, Kota Malang, ambles. Penyebabnya diduga karena gorong-gorong atau drainase di bagian bawah jalan tidak kuat menahan beban.
“Yang ambrol bukan jalan, tapi drainasenya. Ini drainase lama yang kemungkinan karena beban kendaraan, usia, dan buis beton lama hanya coran tidak tulangan, jadi gak kuat,” ujar Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto, kepada wartawan, Senin (21/10/2024).

Dandung mengatakan gorong-gorong atau saluran air drainase yang ambles itu terbuat dari buis beton dengan diameter 80 sentimeter dan ketebalan 8 sentimeter. Gorong-gorong itu diperkirakan berusia sekitar 20 tahun.

“Idealnya karena jalan lama, konstruksinya kalau mau kuat berbeton tapi kita gak bisa menyalahkan. Karena pada saat (pembangunan gorong-gorong) kita lihat volume dan beban kendaraan belum banyak,” ujarnya.

Dandung menegaskan pasca satu titik ruas jalan ambles, pihaknya langsung menurunkan personel dan alat berat untuk segera melakukan perbaikan. Selain perbaikan, DPUPRPK Kota Malang akan memperkuat gorong-gorong baru.

“Yang ambles dan ambrol panjang sekitar 7-8 meter. Namun, kami tidak melakukan perbaikan hanya 7-8 meter itu saja, tetapi hingga kurang lebih 15 meter dan kami gali hingga kedalaman 2 meter untuk penguatan,” terangnya.

“Kemudian sepanjang itu (yang diperbaiki), saluran drainasenya akan kami ganti dengan box culvert ukuran 1 x 1 meter. Soal anggaran perbailan kita pakai anggaran insidentil. Terkait nilainya berapa, masih dilakukan penghitungan dan menyesuaikan kebutuhan,” imbuhnya.

Sebagai informasi, salah satu ruas jalan Raya Muharto, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, ambles pada Senin (21/10) pagi. Letak ruas aspal jalan yang ambles itu tepat berada di depan pintu masuk Jalan Muharto gang 6.

Jalan yang ambles itu menghasilkan lubang menganga dengan panjang sekitar 9 meter, lebar 2 meter dan kedalaman sekitar 1,5 meter.

Sumber : detik.com

 

Polresta Malang Kota, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Nanang Haryono, Malang Kota, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Malang Kota, Resta Malang Kota, Kepolisian Resor Malang Kota, Polisi Resor Kota Malang, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Pemkab Malang Kota, Kabupaten Malang Kota, Kodya Malang, Pemkot Malang Kota, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Nanang Haryono, Kapolresta Malang Kota Kombes Nanang Haryono

Related Posts

1 of 546