TEGAL – Polres Tegal Kota menggandeng tokoh agama sebagai Dai Kamtibmas untuk blusukan ke sekolah-sekolah di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Rabu (24/7/2024).

Upaya itu dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi tawuran yang beberapa minggu kemarin sedang marak.

Wakapolres Tegal Kota, Kompol Yulius Herlinda mengatakan, fenomena tawuran antar pelajar ini merupakan persoalan serius yang memerlukan perhatian dan aksi bersama.

Ia mengajak semua elemen masyarakat bersama-sama ikut mencegahnya, terutama dai Kamtibmas.

“Keterlibatan para tokoh agama dan peran serta aktif seluruh masyarakat sangat penting dalam menyosialisasikan. Seperti di momen tahun ajaran baru,” ujarnya di kegiatan MPLS SMP Negeri 9 Kota Tegal.

Kompol Yulius mengatakan, kegiatan seperti ini akan menggugah mental dan rohani para pelajar untuk menuju perilaku yang lebih positif dan membangun.

Ia berharap, para orangtua di rumah juga bisa ikut mengawasi dan menjaga anak-anaknya.

Masyarakat pun jangan segan-segan untuk melapor atau membubarkan jika ada anak-anak bergerombol atau mencurigakan.

“Bagi orang tua jika anaknya keluar malam dan tidak pulang, segera cari untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak kita ingingkan,” pesannya.

Tokoh agama sekaligus dai Kamtibmas, Ustad Gomzoni Yazin mengatakan, peran orangtua untuk mengawasi anak-anaknya sangat penting.

Terutama dengan memberikan perhatian melalui pendidikan agama tentang akhlak.

“Saat ini banyak kejadian yang melibatkan anak-anak didik kita, seperti tawuran, penyalahgunaan Narkoba hingga terjerumus dalam game dan judi online.”

“Upaya preventif dan pencegahan ini harus kita dukung bersama-sama,” katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sarpras SMPN 9 Kota Tegal, Suryono mengungkapkan, terimakasih atas pencerahan mental dan rohani untuk pelajar yang dilakukan oleh dai Kamtibmas.

“Kami berharap anak-anak peserta didik menjadi lebih baik dan berpikir positif sehingga tidak terjerumus dan terlibat dalam aksi tawuran,” ungkapnya.

sumber:  Tribun-Pantura.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia